Thursday 27 February 2014

Contoh Pidato Kemerdekaan

Kali ini saya akan mencoba berbagi kepada pembaca sekalian dengan Contoh Pidato yang saya buat "Asli" dari tangan saya sendiri. Pidato tersebut berjudul Pentingnya Rasa Nasionalisme bagi Generasi Bangsa







Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Kepada Yang terhormat Ketua RW 14
Kepada yang terhormat ketua RT 03
Serta hadirin yang saya banggakan

      Di hari yang bersejarah ini marilah kita sejenak mengucap syukur atas kehendak Allah yang telah melimpakan rahmat serta hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara perignatan HUT Republik Indonesia yang ke 69. Tak lupa saya ucapkan terimakasih atas perhatian anda semua yang telah berkenan untuk hadir.
     Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pentingnya rasa nasionalisme atau cinta tanah air. Yaitu semangat juang yang diwariskan para pendahulu kita sehingga kita dapat berkumpul disini dengan nyaman dan tanpa beban yang dulunya ditanggung para pendahulu kita. Tak terasa sudah 69 tahun Indonesia merdeka ingatkah kita dengan perjuangan para pendahulu. Mari kita ingat kembali Perjuangan Pangeran Diponegoro ang pecah tahun 1825-1830. Pangeran Diponegoro mati-matian mempertahankan tanah airnya yang oleh Belanda di tanami tiang pancang melewati leluhurnya. Mungkin itulah singkatnya.
     Dari sejarah yang telah lalu kita beranjak ke masa sekarang. Sudahkah anda meneruskan perjuangan para pendahulu ? , mungkin inilah pertanyaan yang cocok untuk kita semua generasi di seluruh Indonesia ini. Atau mengapa kita pelajar setiap hari senin melaksanakan upacara bendera yang didalamnya kita hormat kepada bendera merah putih. Itu smua secara tidak langsung suatu bentuk kecil dari rasa nasionalisme atau cinta tanah air.
    Mengingat kejadian di ata
s masih banyak pelajar yang melakukan kegiatan yang merugikan dirinya dan mungkin orang lain dan secara tidak langsung merugikan bangsa Indonesia karena pelajar merupakan generasi penerus yang nantinya akan menggantikan kita semua dalam waktu yang akan datang. Pantaskah pelajar yang termasuk di atas menjadi penerus bangsa ini?, Ini merupakan tugas orangtua dan guru untuk membimbing mereka ke jalan menjadi generasi yang baik.
    Sebagai contoh lain Indonesia yang sepakbolanya saat ini kurang memiliki prestasi , tetapi saat Indonesia tampil melawan tim manapun rakyat di seluruh Indonesia tetap setia menonton dan mendukungnya. Inilah contoh lain rasa cinta tanah air.
    Dan lagi saat negara tetangga mengambil budaya asli Indonesia. Ini bukan sepenuhnya salah mereka kita juga bersalah karena tidak menjaga dengan baik budaya asli kita, sehingga merka dengan mudah mengaku budaya kita sebagai budaya mereka. Maka dari itu kita harus menjaga rasa cinta tanah air sperti para pendahulu kita.

    Mungkin inilah yang bisa saya sampaikan. Saya berharap kita menjadi generasi penerus harapan bangsa dan semoga Indonesia menjadi negara yang maju,beradab,kuat, dan bersatu. Saya mohon maaf bila ada salah kata. Dan terimakasih atas perhatianya yang telah menyimak dari awal hingga saat ini.
            Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

MERDEKA !!!!!!!